Sunday, September 25, 2011

Air Terjun Coban Rondo

 



 
Air terjun Coban Rondo adalah air terjun yang cantik di lereng Gunung Panderman yang berjarak kurang lebih sekitar 32 km ke arah barat dari kota Malang, sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi.dengan melewati rute kota Malang-Pujon.sesampainya di pujon akan ada Gapura Selamat Datang Di Kawasan Wisata Air Terjun Coban Rondo

Ketinggian air terjun Coban Rondo ini sekitar 60 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati panorama yang indah dan kesan damai di sekitar air terjun.

Fasilitas: ground camp, jogging track, memancing atau bermain dengan gajah dari Gajah 'Sekolah Waykambas Lampung - Sumatra.
air terjun ini terletak di desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur (sekitar 32 km ke Barat dari Kota Malang).

Kunjungi air terjun Coban Rondo pariwisata dan menikmati pemandangan alam dengan udara segar.
Wisata Di Malang Surga Dunia.wisatanesia.com


Berikut sedikit Legenda Tentang Air Terjun Coban Rondo
Wisata Legenda Air Terjun Coban Rondo ini mempunyai sejarah cerita yang cukup menarik. Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang wanita bernama Dewi Anjarwati dari gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Singkat cerita, mereka akan berkunjung ke rumah Raden Baron di Gunung Anjasmoro. Keinginan mereka sempat dihalangi oleh orang tua Dewi Anjarwati karena usia pernikahan mereka yang masih 36 tahun. Namun akhirnya mereka tetap berangkat. Di tengah perjalanan muncul sosok Joko Lelono yang terpesona dengan kecantikan Dewi Anjarwati.

Perkelahian pun terjadi dan Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang ada air terjunnya (Coban). Namun akhirnya tidak ada pemenang dari perkelajian tersebut alias gugur semua. Dewi Anjarwati sendiri tetap menunggu kehadiran suaminya sekalipun ia telah menjadi janda (Rondo). Cukup menarik bukan cerita dari Wisata Legenda Air Terjun Coban Rondo. Kisah ini ga kalah menarik dengan Legenda Wisata Gunung Bromo yang juga berasal dari Kota Malang.
 
 
 
INFORMASI COBAN RONDO
*. Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter.
*. Air Terjun Coban Rondo berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut.
*. Suhu rata-rata +/- 22 derajat Celcius.
*. Coban Rondo pertama kali dipergunakan sebagai obyek wisata pada tahun 1980.
*. Coban Rondo berada di desa Pandansari Kecamatan Pujon Kab. malang.
*. Letak Coban Rondo berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang.
*. Debit air terjun pada musim penghujan 150 liter/ detik.
*. Debit air terjun pada musim kemarau 90 liter/ detik.

0 comments:

Post a Comment