Monday, October 17, 2011

Universitas Brawijaya Buka Kuliah Jarak Jauh di Seluruh Indonesia



Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, segera membuka program kuliah jarak jauh bagi mahasiswa di seluruh Tanah Air. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Dr Yogi Sugito, Senin, menyatakan, segala persiapan untuk mematangkan konsep program kuliah jarak jauh tersebut sudah dilakukan dan saat ini tinggal membuka pendaftaran saja.

"Semua persiapan terutama yang berkaitan dengan teknologi yang mendukung kuliah jarak jauh bagi mahasiswa sudah dimatangkan, termasuk bagaimana mahasiswa mendapatkan materi kuliah dengan mudah," katanya.

Menurut dia, materi kuliah jarak jauh tersebut dikirimkan ke masing-masing mahasiswa dengan memanfaatkan jaringan teknologi canggih, sehingga kuliah tidak harus tatap muka (bertemu secara fisik). Cukup dengan memanfaatkan kecanggihan tekonologi saja.

Yogi mengatakan, program kuliah jarak jauh tersebut akan dibuka tahun depan (2012) untuk beberapa jurusan. Sedangkan untuk Fakultas Pertanian program studi agribisnis sudah dimulai tahun ini (2011).

Sebenarnya, kata Yogi, jumlah yang mendaftar cukup banyak, hingga mencapai ratusan. Hanya saja, karena keterbatasan kapasitas yang diterima hanya 30 orang mahasiswa."Pertemuan (tatap muka) secara fisik cukup satu kali saja dalam satu semester," ujarnya.

Menyinggung pengembangan kampus di daerah lain, Yogi mengatakan, sedang dalam proses, yakni di Kediri. Namun, proses untuk menyamakan pendapat terkait Permendiknas dan Permendagri juga membutuhkan waktu cukup lama.

Mantan Dekan Fakultas Pertanian itu mengaku, pihaknya siap membeli lahan sesuai kebutuhan seluas 7 hektare yang nantinya dijadikan lahan penelitian bagi mahasiswa, khususnya pertanian.

"Lahan yang akan kita beli itu sudah ada dan kita juga sudah siapkan dana, namun antara DPRD dan Pemkab Kediri kelihatannya belum sinkron, sehingga masih membutuhkan waktu. Mudah-mudahan masalah lahan sudah tuntas tahun ini juga," katanya.

Universitas Brawijaya berencana membuka cabang di Kediri untuk beberapa program studi (prodi), terutama prodi yang berkaitan dengan pertanian. Namun, DPRD daerah itu masih tarik ulur terkait lahan yang bakal dibeli oleh pihak UB.

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG

0 comments:

Post a Comment