Wednesday, June 3, 2015

Museum Angkut Kota Batu


Antik, Unik dan Menarik Hati, kata-kata tersebut cocok sekali menggambarkan tentang museum angkut.Museum angkut memberikan wisata wahana kendaraan jaman dulu yang sangat terawat dengan baik. Sangat cocok untuk mengajak putra-putri kita untuk mempelajari sejarah dari berbagai kendaraan yang tercipta.Mulai dari kendaraan zaman dahulu sampai yang eksis di zaman sekarang. Tak heran jika banyak angkutan-angkutan yang unik dan antik mulai dari kereta kencana, mobil antik, sepeda onthel, motor klasik hingga mobil-mobil antik seperti penampakan di bawah ini.




Museum Angkut merupakan sebuah tempat wisata baru yang memiliki konsep unik. Dibuka pada tanggal 9 Maret 2014, Museum Angkut menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia. Maka tak mengherankan jika di sini Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi moda transportasi mulai dari yang masih menggunakan tenaga binatang sampai tenaga listrik.Untuk mencapai wahana Museum Angkut sangat mudah transportasinya. Alamat
lengkap museum angkut terletak di Jalan Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu East Java Indonesia, Jawa Timur 65311, Indonesia dengan nomor telpon +62-341-597777. 

Kemudia masuk stage yang kedua yaitu zona edukasi. Benda-benda yang dipajang di ruangan ini berguna banget nih travellers, bisa menambah pengetahuan kita tentang angkutan dan otomotif. Disni terdapat alat peraga mesin premium, mesin diesel(solar) dan mesin uap yang semuanya bergerak seperti gerakan mesin mobil sesungguhnya. Di sini juga terdapat mobil listrik karya anak bangsa yang desain bodynya bagus sekali. Tp sayang terjadi kecelakaan saat dilakukan uji coba. Kok daritadi otomotif mulu sih. Lah kapan narsisnya ini? Tenang, setelah ini akan kita ajak para travellers untuk keliling beberapa negara :D


Zona - Zona di Museum Angkut Batu

Zona Edukasi

Setelah membayar harga tiket  Anda akan memasuki zona pertama, yakni Zona Edukasi. Di sini dipamerkan berbagai macam mobil, motor dan alat transportasi lain seperti mobil Presiden RI pertama Soekarno seri Chrysler Windsor Deluxe, kemudian juga ada motor-motor jaman dulu. Tidak ketinggalan mobil sport Porsche dan pembalap F1 tampil di zona ini. Becak-becak Nusantara, bemo, hingga kereta kuda juga ikut meramaikan zona edukasi di Museum Angkut ini.




Museum Angkut memajang puluhan mobil antik seperti Alfa Romeo keluaran tahun 1966, Bentley tahun 1957, dan Chrysler Windsor Deluxe produksi 1952. Bagi Anda yang penasaran dengan mobil listrik milik Menteri BUMN Dahlan Iskan, Tuxuci, dan mobil listrik karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, bisa Anda nikmati pula di sini.

Bahkan di museum ini diisi kurang lebih 300 unit kendaraan mewah pada masanya. Untuk pengadaan sejumlah kendaraan kuno tersebut, pengelola Museum Angkut mendatangkan langsung kendaraan-kendaraan tersebut dari negara asalnya seperti Amerika Serikat, Italia, Australia, Jerman, Inggris, dan Jepang.Djakarta


Zona Pecinan dan Batavia

Sesuai dengan namanya, Anda dan rombongan akan menikmati alat-alat transportasi pada masa Batavia dahulu. Di Zona Pecinan, berbagai angkutan khas Indonesia seperti gerobak, sepeda onthel lengkap dengan keranjang yang berisi barang-barang dagangan, dokar, becak, oplet sampai sepeda motor di era 1940-an, hadir menghidupkan suasana layaknya berada di Pecinan ala Indonesia. Sedangkan Zona Batavia menyuguhkan suasana pelabuhan Sunda Kelapa dan Stasiun Jakarta Kota tempo dulu yang dibuat dengan latar awal abad ke-19. Di zona ini ditampilkan keramaian pelabuhan dengan suasana jual beli, becak, pedati, bemo, dan sejumlah angkutan pada zaman tersebut.






Zona Uni Eropa

Eropa sebagai benua yang dipenuhi dengan negara-negara maju ini juga mampu bersaing di teknologi transportasi dunia. Zona Eropa sendiri dibagi menjadi beberapa area yaitu Inggris, Jerman, Italia dan Perancis. Keempat negara ini dianggap cukup mampu mewakili negara-negara maju di benua ini.

Di area Inggris, tak hanya melihat koleksi mobil produksi Inggris dan juga mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, Anda juga bisa bermain di taman bunga yang berada di depan replika Buckingham Palace. Selain itu, Anda juga bisa berfoto bersama patung Sang Ratu yang sedang duduk di singgasananya.

Jerman, Italia dan Perancis pun tak kalah menarik. Di sini Anda bisa melihat koleksi mobil dari berbagai merek andalan ketiga negara ini lengkap dengan landmark khasnya masing-masing seperti Menara Eifel, Menara Pisa dan Tembok Berlin.Seperti Istana Buckingham Inggris berikut.




Las Vegas dan Hollywood 
 Setelah muter-muter di Eropa kembali lagi nih ke Benua Amerika. Di Las Vegas terdapat patung Luxor. Ada juga mobil mewah hammer yang unik. Uniknya mobil hammer ini mempunyai panjang seperti mobil limousin. weh.. weh.. weh..

Kemudian zona yang terakhir adalah Hollywood. Disini banyak kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk pembuatan film di Hollywood. Ada juga mobil seperti di game Nascar Rumble. Keren deh pokoknya travellers! Nah, yang suka narsis, bisa berfoto sama si buto ijo Hulk :D


Zona Gangster & Broadway


Zona ini pun tak kalah populer di tempat wisata di Malang ini. Anda akan diajak masuk ke dalam dunia gangster dan broadway yang hits di tahun 1970an. Suasana di Zona ini diatur sedemikian rupa sehingga Anda seperti berada di kota yang sama dengan mafia Al Capone, seorang gangster ternama di zamannya.
Selanjutnya, kita akan melalui pintu keluar seperti gerbong kereta yang bergerak. Jangan lupa mampir juga ke pasar apung untuk membeli oleh-oleh atau naik perahu keliling-keliling ya :D



Nama Wisata : Museum Angkut
Lokasi 
Jalan Kartika 2 Kota Wisata Batu East Java Indonesia
Telepon : +62-341-597777
Website : http://www.museumangkut.com/
Twitter : @museumangkut
Facebook : Museum Angkut
Daya Tarik dan Wahana     : - Berbagai macam kendaraan (dari jadul sampai modern)
- Zona-zona seperti diluar negeri
Harga Tiket Masuk Museum Angkut
Hari biasa (Senin – Kamis)
Rp. 60.000,-
Akhir pekan (Jumat-Minggu) / Liburan / Tanggal Merah
Rp. 80.000,-
Tiket terusan (Museum Angkut dengan D’topeng Kingdom)
Hari biasa (Senin – Kamis)
Rp. 70.000,-
Akhir pekan (Jumat-Minggu) / Liburan / Tanggal Merah
Rp. 90.000,-
  • Tiket Kamera
    Semua jenis kamera (DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dsb) kecuali Handphone diharuskan untuk menggunakan tiket kamera.
    Rp. 30.000,-/kamera
  • Paket Rombongan (*)
    Thirty Plus One (TPO)
    Minimal pembelian 30 tiket mendapat bonus 1 tiket.
Buka : 12.00-20.00 WIB 

Sumber : dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment