Tuesday, May 12, 2015

Komunitas Shuffle Dance (KSD) Malang

Latihan(1)
doc.ikommunitersblog

Kalau berbicara tentang dance, mungkin tidak ada habisnya, karena dance saat ini begitu menjamur, apalagi adanya boy dan girl band. Berbagai jenis dance, diadopsi di Indonesia. Kali ini, kami akan membahas Shuffle Dance. Mungkin beberapa dari kalian, sudah tahu tentang jenis dance ini. 

Komunitas Shuffle Dance merupakan tempat berkumpulnya orangorang yang mempunyaikesamaan hobi yaitu shuffle. Shuffle sendiri mempunya arti yakni dance yang berasal dari Melbourne, yang terdiri dari dua gerakan yaitu running man dan t-step (gerakan kaki yang membentuk huruf T). Setiap gerakan mengikuti beat dan termasuk dalam rave dance (dance yang semua gerakannya harus mengikuti dentuman kaki). 

Muhammad Yogi Nugroho mendirikan KSD karena terinspirasi dari komunitas pusatnya yang disebut indorockers, indorockers merupakan induk dari semua perkumpulan shuffle di daerahdaerah di Indonesia. Karena di malang belum ada tempat atau komunitas untuk mewadahi para shuffler untuk sharing, dan lain-lain, maka Yogi membuatnya.
Kegiatan pokoknya, yaknilatihan rutin setiap minggu pagi di GOR pertamina Universitas Brawijaya (UB) dan melakukan perform di beberapa tempat, serta ikut berpartisipasi dalam acara East Java Ravers Gathering (EJRG).

Earthour 31 Mar(1)

Latihannya, setiap hariMinggu jam 7.00-14.00 WIB, latihannya berupa latihan peningkatan stamina, sharing tentang informasi seputar shuffler, untuk yang masih newbie diajari gerakan basic shuffle, untuk yang sudah lama gabung diajarkan untuk mandiri ataumelatih dirinya dengan melihat referensi yang berada di youtube jadi sudah tidak terpaut dengan pengajar.
EJRG merupakan acara dimana semua shuffler seJatim bergabung, acara ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali, sampai saat ini EJRG sudah dilaksankan dua kali, yang pertama di Malang dan acara yang kedua di Sidoarjo, untuk pemilihan kota mana yang berhak mengadakan acara dilakukan dengan cara voting yang sekarang sedang berlangsung di grup facebook East Java Ravers

Komunitas ini berdiri sejak 2 november 2011. Ada tiga pendirinya, yaitu Aldo Purnomo, Andi Iman, Yogi Nugroho. Basecamp KSD berada di GOR UB. Cowok berusia 16 tahun ini mengatakan, tidak ada ketua dalam komunitas ini, tetapi hanya pengurus pokok saja, sekaligus menggantikan tugas ketua. Jumlah anggotanya saat ini berjumlah sekitar 40 orang yang terdiri dari siswa SMPN 3, SMPN 8, SMPN 1, tapi kebanyakan dari siswa SMA dan mahasiswa. 

Rampal(1)

Menurut Yogi, shuffle bisa dibilang dance yang tidak memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan breakdance yang mempunyai latihanlatihan khusus, tapi hal tersulit dalam mempelajari dance ini yaitu menemukan style yang cocok. Dalam shuffle dikenal istilah style yaitu gaya atau ciri khas, hal tersebut sangat penting bagi seorang shuffle. Sampai sekarang sudah berkembang banyak style yaitu Malaysian, Russian, Oldskool, Newskool, Cali, biasanya nama style tersebut diambil dari negara dimana style tersebut tercipta

Yogi mengaku tertarik dengan shuffle karena gerakannya unik, saat melihat video real shuffle dari Melbourne dari temannya. Waktu itu dirinya merasa sebagai orang awam yang penasaran karena gerakan kakinya bisa kesana-kesini seperti mengawang. Biasanya shuffle dipakai orangorang ditempat clubbing, tapi dijaman sekarang shuffle sudah berkembang, tidak perlu ke club untuk menikmati shuffle. Cukupmenyiapkan laptop, speaker, dan lagu, kita sudah bisa membuat rave party kecil-kecilan. 

Dalam shuffle dikenal juga istilah tryout, tryout yang dimaksud disini bukan tryout yang bersifat akademis tetapi yang dimaksud adalah cara seorang shuffle untuk join kedalam crew-crew besar, mereka harus mengirimkan sebuah video tryout kepada crew yang ingin dimasukinya dengan media youtube dengan cara mengirimikan video response ke akun youtube crew tersebut, kemudian crew tersebut akan menyeleksi siapa saja yang pantas masuk atau dijadikan anggota.Untuk bergabung dengan KSD, tinggal ikut join latihannya dan tidak ada persyaratan khusus, serta tidak dikenakan biaya.

Anda tertarik? Silahkan bergabung dengan KSD dan ikuti latihannya ^_^

Info 

Penulis : Vika Antiyawati / 09220246
sumber : ikommuniters

0 comments:

Post a Comment