Tuesday, May 12, 2015

Malang Jumping Stilts


Jumping Stilts adalah alat semacam egrang, namun alat yang mereka gunakan memiliki spring dibagian belakangnya dan sebagai penggunanya sering disebut “Jumpers”. Dari awalnya saya melihat, didalam benak timbul banyak pertanyaan yaitu cara mainnya gimana? Susah nggak? Kok kayaknya asyik ya, tapi serem kan ya kalau jatuh. Bikin sehat? Manfaatnya apa? Alatnya mahal nggak? Beli dimana? Ada gak sih komunitasnya yang seperti komunitas olahraga pada umumnya?

Peralatan utama dari olahraga ini pastinya adalah Jumping Stilt. Dengan jumping stilt, jumpers jumping stils ini bisa digunakan untuk melompat setinggi 2 meter, melangkah sejauh 3 meter dalam sekali langkah, juga berlali hingga kecepatan 30 km/h.

Salah seorang teman saya sudah punya alat ini, dan saya pun merasa penasaran dengan alat ini, dan akhirnya saya pun mencobanya. Bagi pemula  seperti saya yang ingin mencoba pastinya rasa takut itu akan timbul dengan sendirinya, kalau awal mencoba saya sering terjatuh, tapi setelah mencoba beberapa kali akhirnya bisa menyeimbangkan tubuh dan berdiri dengan menggunakan alat ini, saya merasakan kepuasan meskipun hanya bisa berdiri saja.

Dan yang menarik dari Jumping Stilts ini adalah bisa memacu adrenalin. Butuh keberanian buat sekedar berdiri pada awalnya. Kemudian berjalan, melompat, berlari, sampai melakukan gerakan2 ekstrem seperti salto, front flip, back flip, tuck, star dan banyak lagi. Unik iya, dan ekstrem juga iya. “Sebelum bermain dengan jumping stilts ini, pastikan yaaa.. Melakukan pemanasan & peregangan otot dulu biar habis main nanti badannya nggak pegel-pegel dan cidera. Terus gunakan safety gear, seperti pelindung siku, telapak tangan, dengkul, dan helm. Sayangnya pelindung pantat belum ada ” ujar Fian (anggota MJS) sambil tertawa.



Olahraga ini punya banyak manfaat, selain bikin happy dan memicu adrenalin, olahraga ini juga dapat meningkatkan kemampuan sistem pernafasan & jantung dan juga membantu meningkatkan agility & keseimbangan. Bermain Jumping Stilts juga dapat membakar kalori & lemak cukup banyak dibanding bersepeda ataupun jogging. Silahkan yang perutnya gendut, yang mau otot perut & kakinya jadi kuat, yang mau membentuk tubuh lebih proporsional untuk mencoba olahraga ini. Namun, harga alat jumping stilt masih terbilang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 2.500.00,- dan bisa dibeli di Ace Hardware (MOG).

Di Malang memiliki Komunitas Malang Jumping Stilts berawal dari beberapa orang saja di Kota Malang yang terbentuk pada tanggal 4 April 2012. Setelah beberapa bulan melakukan promosi olahraga ini di kota Malang dan melalui sosial media online. Sekarang komunitas Malang Jumping Stilts memiliki anggota 25 orang, 333 teman di Facebook, dan 190 followers di Twitter.


Pelan tapi pasti, para Jumpers kota Malang sedikit demi sedikit mulai bergabung dengan Malang Jumping Stilts. Komunitas Malang Jumping Stilts bertujuan untuk menyatukan para Jumpers kota Malang dalam wadah yang lebih positif, kompetitif serta lebih membangun kebersamaan dan kekompakan antar anggota komunitas. “Misi Malang Jumping Stilts yaitu mensosialisasikan olahraga jumping stilts di Malang karena dapat menjaga kesehatan, dan bersenang-senang” ujar Bima (kordinator MJS).

Biasanya mereka kumpul pada hari Jumat Malam di Jl. Simpang Balapan, dan pada Hari Minggu di Ijen Car Free Day (depan Museum Brawijaya).

 
Penulis:
Yoedho Dharma (074)
sumber : ikommuniters

0 comments:

Post a Comment